VIVA   –  Sebelum dikenal sebagai tanda sepeda motor, Ducati pernah menjajal peruntungan lain di berbagai bidang bisnis. Makin, saat baru berdiri, pengusaha asal Italia tersebut menjajakan barang-barang elektronik seperti televisi, radio, dan kamera. Langsung, bagaimana perjalanan panjang mereka hingga sekarang?

Dilansir VIVA Otomotif dari sejumlah literasi, Selasa 28 September 2021, Ducati terlahir dengan nama Societa Radio Brevetti Ducati atau SRBD pada 1926. Kala itu, produk pertama yang mereka buat dan jual ke konsumen adalah radio bernama Energia.

Rencana tersebut bermula ketika 3 bersaudara, Bruno, Adriano, dan Marcello Ducati  bersepakat untuk membangun usaha keluarga dengan bergerak di bidang elektronik. Itulah mengapa, setelah mengeluarkan radio, SRBD memperluas cakupan bisnisnya dengan membuat kalkulator, pompa, dan juga kamera.

Pertumbuhan bisnis mereka bisa dibilang stabil, makin cenderung meningkat. Sebelum kesimpulannya, ketika perang dunia ke-2 pecah di Eropa, kilang utama SRBD yang berlokasi di Bologna hancur padu usai terdampak bom.