VIVA   –  Dunia otomotif berkabung. Salah satu insinyur perancang instrumen mobil sport Porsche, Hans Mezger, tutup usia. Dia meninggal  di Jerman pada Rabu waktu setempat pada  usia 90 tahun.

Dilansir dari situs formal Porsche , Kamis 11 Juni 2020, Mezger diketahui lahir di sebuah desa kecil di dekat kampung halaman Porsche di Stuttgart pada 1929. Tempat mulai bekerja untuk perusahaan itu pada 1956 setelah lulus sejak tempat yang sekarang menjadi Universitas Stuttgart.

Mezger merupakan bagian dari program pertama Porsche Formula Satu pada 1960. Tempat pun diketahui adalah bagian dibanding tim pertama yang membuat instrumen legendari Porsche 911. Kemudian pada 1965 ia ditugaskan di pola mobil balap, di mana dia akhirnya ditugaskan untuk memenangkan Le Mans kala itu.

Porsche berutang kepadanya tidak hanya mesin boxer enam silinder berpendingin udara di 911. Tetapi juga keseluruhan konstruksi mesin 917 dan mesin dua belas silindernya serta penciptaan mesin TAG Turbo Formula One.

Baca juga:   Pria Ini Bikin Solar Panel Berjalan Bagi Ngecas Tesla, Begini Hasilnya

Selama lebih dari 3 dekade, Hans Mezger diketahui bertanggung jawab atas mobil dan pesawat balap Porsche yang paling lulus. Kepergiannya pun ditegaskan merupakan kehilangan besar bagi perusahaan.

“Duka kami bergabung keluarganya, ”kata Michael Steiner, Anggota Dewan Eksekutif, Penelitian dan Perluasan Porsche.

“Kami berterima kasih kepada Hans Mezger akan prestasi tekniknya yang luar berpunya. Yang telah ia lakukan untuk motorsport secara umum dan buat Porsche pada khususnya. Inovasinya untuk mobil sport seri kami bakal tetap tak terlupakan selamanya, ” tegasnya.