VIVA   –Selain untuk pemakaian pribadi, kendaraan elektrik juga disiapkan sebagai moda transportasi massal. Jenisnya beragam, mulai lantaran yang berwujud mobil pribadi, taksi online, sampai bus berukuran sedang maupun besar.

Salah satu pabrikan otomotif yang menawarkan beragam jenis kendaraan listrik, yakni BYD. Produk dari merek Tiongkok tersebut, bahkan sudah bisa terlihat dalam Indonesia dalam wujud taksi populer, serta bus Transjakarta yang terus diuji coba.

Pada pasar otomotif global, BYD diketahui baru saja memperkenalkan produk mobil listrik baru yang diberi tanda D1. Dari wujudnya, terlihat instrumen ini memiliki  pintu geser buat akses penumpang di baris ke-2.

Menariknya, BYD D1 dirancang untuk menutup kebutuhan transportasi umum ala instrumen pribadi. Pabrikan ini, bahkan menarik perusahaan transportasi online raksasa Tiongkok, Didi China.

Kedua perusahaan memakai data dan masukan dibanding 550 juta, serta 31 juta pengemudi taksi online, dalam mendesain mobil listrik BYD D1. Kerjasama tersebut sudah dijalankan sejak 2 tahun lalu.

“DiDi China telah membentuk ekosistem otomotif yang lebih dalam untuk layanan mobilitas inti, secara menjalin aliansi yang luas secara produsen, penyedia energi, serta pelaku industri lainnya, ” demikian tanda resmi perusahaan, dikutip dari Carscoops , Kamis 19 Januari 2020.

Tidak hanya memiliki bodi bongsor layaknya mobil keluarga, kendaraan ini dilengkapi motor listrik berkekuatan 136hp. Baterainya menggunakan jenis lithium-ion, dan mampu dipakai menempuh jarak 418 kilometer dalam sekali pengecasan.

Seperti kebanyakan mobil listrik, kabinnya terlihat sederhana namun canggih. Pada dasbor hanya akan ada layar untuk pengaturan dan ventilasi AC. Untuk memaksimalkan kenyamanan dalam kunjungan, penumpang belakang bisa menikmati per dari dua layar yang disiapkan.

Baca juga: Mercedes-Benz Jual Mobil Mewah Edisi Ultah ke-50 di Indonesia.