VIVA   – Banyak kegiatan dan rutinitas yang berubah saat terjadi pandemi virus Corona tipe baru, salah satunya merupakan mudik. Rutinitas ini, biasa dikerjakan oleh masyarakat di berbagai wilayah Tanah Air menjelang hari sundal Idul Fitri setiap tahunnya.

Status darurat COVID-19 dengan diberlakukan di Indonesia, membuat Pemerintah melarang kegiatan mudik menjelang keadaan raya Lebaran tahun ini. Keputusan tersebut, dianggap sebagai salah satu cara untuk memutus mata pertalian penyebaran virus yang ditemukan pada Wuhan, China.

Meski sudah dilengkapi petugas jaga dalam titik pemeriksaan jalur-jalur yang piawai dipakai untuk mudik. Namun, kelompok seolah tak kehabisan akal  buat bisa melanggar larangan mudik itu. Salah satunya dengan memanfaatkan uluran tangan truk gendong atau towing.

Cara tersebut terekam tustel video dan beredar di media sosial Twitter dan Instagram. Rekaman gambar memperlihatkan mobil jenis minibus warna hijau, berada di bak belakang truk towing berwarna abang.

Baca juga: Tercampak Mobil Gak Dibobol Maling Masa Isi Bensin, Lakukan Ini

Mobil tersebut nampak ditutupi dengan terpal berwarna silver dan diikat pada beberapa bagian bodinya. Saat dilihat lebih teliti, terlihat sejumlah penumpang pria di kabin minibus yang diangkut oleh truk tersebut.

Lihat Selalu

Asal-asalan mudik dengan truk gendong itu terungkap saat ada di bercak pemeriksaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), di pos Batas Taman Unyil Ungaran, di Semarang, Jawa Sedang.

Video memperlihatkan truk tersebut beserta penumpang di dalamnya kemudian dipaksa untuk putar pulih, usai dilakukan pemeriksaan oleh aparat keamanan yang berjaga.