VIVA   –  Tak hanya menawarkan kendaraan bermesin konvensional, Mitsubishi Motors kini sudah menjual produk ramah lingkungan. Mobil yang dimaksud adalah Outlander PHEV ( Plug-In Hybrid Electric Vehicle ).

Kehadiran mobil ini tentu saja memberi pilihan baru bagi umum moderen, terutama mereka yang menginginkan kendaraan jenis sport utility vehicle dengan fitur dan teknologi yang bertambah canggih dibandingkan produk lainnya.

Meski demikian, banyak masyarakat awam yang masih penasaran dengan cara merawat kendaraan canggih itu. Terutama untuk baterai yang menjelma perangkat vital untuk kendaraan PHEV.

Head of After Sales Service Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto mengutarakan, konsuman dan penggemar mobil Mitsubishi tak perlu merasa khawatir terkait perawatan baterai di kendaraan itu, karena cukup mudah dilakukan.

Baca juga: Cicilan Isak BMW, Sama Kayak Beli Mobil LCGC Baru Setiap Bulan

Dia mengatakan, Outlander PHEV mengusung baterai dengan tipe Li-ion, yang diberi garansi 100 seperseribu kilometer atau 3 tahun, menunjuk pada buku servis manual. Biar baterai awet, pengguna disarankan buat menghindari parkir di lokasi bersuhu tinggi, serta terpapar sinar matahari langsung.

“Pengguna dapat memaksimalkan metode pengisian daya normal, atau fasilitas home charging dengan arus listrik rendah, beserta minimalkan pemakaian metode quick charging dengan arus tinggi, kecuali diperlukan, ” ujarnya dalam keterangan yang dikutip VIVA Otomotif, Jumat 21 Agustus 2020.  

Selain itu, kata dia, untuk pemakaian sehari-hari juga disarankan menjaga kapasitas aki di persentase sedang. Hindari suasana baterai kosong, serta tidak disarankan menyimpan kapasitas baterai penuh pada jangka waktu yang lama buat menjaganya tetap bekerja maksimal.

“Jika konsumen hanya mampu menggunakan quick charging , kami merekomendasikan untuk langgeng memakai metode pengisian daya umum setidaknya sekali dalam dua minggu, ” papar Boediarto.

Dari laman resmi Mitsubishi Motors Indonesia, diketahui Outlander PHEV dilabeli harga acuan Rp1, 3 miliar on the road Jakarta. Untuk menjunjung kemudahan pengguna, tersedia fasilitas pengisian daya listrik cepat di 16 diler di wilayah Jabodetabek serta Bali.