VIVA   –  Lelang menjadi salah satu cara pembelian kendaraan bekas pakai. Bentuk ini mewajibkan peserta, untuk menilai lebih tinggu daripada nilai limitasi atau harga pembuka. Harga pembuka tersebut, biasanya dibuat lebih murah daripada pasaran.

Peserta harus cermat dalam memberikan penawaran, dan harus disesuaikan kondisi kendaraannya. Jika berhasil menawar dengan nominal tertinggi, maka pemenang lelang mempunyai untuk membeli mobil sesuai nilai yang disetujui.  

Tak hanya di luar jati, membeli mobil dengan sistem itu mulai banyak dilakukan oleh asosiasi di Tanah Air. Peserta lelang tak hanya para pedagang mobil bekas, tetapi ada juga konsumen umum.

Penyelenggara lelangnya pun beragam, mulai dari perusahaan swasta, hingga Dewan Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang merupakan instansi vertikal dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Baca juga:   Kata Mitsubishi Soal Pajak Nol Persen yang Tak Direstui Sri Mulyani

Penyelenggaraan lelang di dalam negeri, salah satunya akan digelar oleh Kantor Penyajian Utama Bea Cukai (KPUBC) Semenanjung Priok, Jakarta Utara, pada 21 Oktober 2020.

Penulusuran VIVA Otomotif  dari laman resmi lelang. go. id , Rabu 21 Oktober 2020, diketahui KPUBC Tanjung Priok 2 bakal melelang satu unit mobil mewah Rolls-Royce. Nilai limit yang dipasang Rp132, 025 juta, dengan jumlah jaminan Rp66 juta.

Rolls-Royce yang dilelang itu diketahui merupakan model Spirit Silver Mark II. Bodinya terlihat elegan dengan baluran hijau muda metallic, secara paduan ataphitam. Samar terlihat, interior yang didominasi warna krem.

Dalam kondisi standar pengusaha, mobil Inggris ini diketahui menggendong mesin 6. 750cc yang dikombinasikan sistem transmisi otomatis. Rolls-Royce Spirit Silver Mark II memulai debut pada 1980, dan berada di jalur produksi sampai tahun 1997.