VIVA   – Jumlah pasien yang dinyatakan nyata terpapar virus COVID-19, pada keadaan ini Rabu 13 Mei 2020 bertambah sebanyak 689 kasus. Berarti, total jumlah penderita menjadi lebih dari 15 ribu kasus.

Juru Bicara Pemerintah buat Penanganan COVID-19, Achamd Yurianto mengatakan, jumlah kasus tersebut didapat sudah hal pemeriksaan dengan dua cara yang berbeda, yakni  real time PCR dan  tes cepat molekuler.

Baca juga:   Pemotor Ini Ngaku Salah dan Bersetuju Denda, tapi Bikin Netizen Geregetan

Berdasarkan pengujian 169. 195 spesimen dari 123. 572 orang secara menggunakan dua metode itu,   diketahui ada 108. 134 orang yang dinyatakan negatif COVID-19.

“Dari kondisi ini, kami mendapatkan kasus positif totalnya keadaan ini 15. 438, ” ujarnya di Gedung BNPB Jakarta Timur.

Jumlah pasien segar di Tanah Air mengalami penggandaan, sebanyak 224 pasien. Sehingga, total  yang tidak lagi terindikasi virus ini sebanyak  3. 287 anak obat.

Hingga saat itu, tim medis masih mengambil contoh untuk mencari warga yang terkena virus tersebut. Mereka didukung sebab beberapa perusahaan swasta, termasuk dari kalangan industri otomotif.

Salah satu produsen mobil dengan melakukan hal itu, yakni PT Astra Daihatsu Motor. Mereka  menyimpan kendaraan khusus, yang bis dimanfaatkan untuk  pengetesan COVID-19.

Dilansir dari  100kpj , Rabu 13 Mei 2020, mobil  multi purpose vehicle  Daihatsu Xenia dimodifikasi  bersama mahasiswa Teknik Mesin dari Universitas Gadjah Mada, untuk keperluan  swab test .

“Daihatsu selalu mendukung segala upaya untuk memerangi pandemi COVID-19. Kami berharap, donasi mobil ini dapat memberi hasil pasti untuk pencegahan, dan penanganan  pada area Yogyakarta, ” ujar General Affairs Division Head ADM, Nurya Hadiwijaya.

Mobil tersebut dibekali dengan alat penyimpanan swab test , pengukur suhu tubuh otomatis, serta unit komputer untuk melaporkan hasil penyeliaan. Tim yang bertugas akan mengambil sampel dari dalam mobil, tengah pasien tetap berada di sungguh.