VIVA   –  Surat Kode Nomor Kendaraan (STNK) merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh seluruh pemilik kendaraan bermotor. Cara mengurus STNK yang hilang juga penting untuk diketahui agar ketika awak mengalami kehilangan STNK mampu langsung mengurusnya.

STNK sendiri merupakan surat yang memuat sejumlah keterangan penting kendaraan, mulai dibanding bukti pendaftaran hingga pengesahan kendaraan. Saat berkendara, STNK merupakan dokumen yang wajib untuk dibawa.

Karena harus selalu dibawa saat berkendara, tidak kurang pengendara yang berakhir kehilangan STNK miliknya. Ketika STNK hilang, alih-alih panik & tidak melakukan apapun, awak bisa langsung mengurusnya ke kantor Sistem Manunggal Satu Atap (Samsat).

Syarat mengurus STNK dengan hilang

Dirangkum dari bervariasi sumber, berikut ini sebesar persyaratan penting yang harus kamu lengkapi terlebih dahulu sebelum mengurus STNK dengan hilang.

  • Formulir permohonan kehilangan
  • Masukan kehilangan dengan melaporkan ke kantor polisi terdekat
  • Surat Tanda Penduduk (KTP) pemilik kendaraan asli dan salinan
  • Fotokopi STNK lama
  • Keterangan Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKP) asli dan fotokopi.

Cara mengurus STNK yang hilang

Jika syarat pada atas sudah terpenuhi, oleh karena itu kamu bisa langsung mengatur STNK baru ke biro Samsat. Berikut ini langkah-langkahnya, sebagaimana dilansir dari laman Samsat Keliling pada Senin, 13 September 2021.