VIVA   – Nafsu makan kaum kaya Indonesia untuk mobil mewah, kini tak bisa dianggap enteng. Sebab, di jalanan sering berseliweran kendaraan berbanderol miliaran rupiah, bahkan beberapa di antaranya merupakan edisi spesial, atau dibuat serta dipasarkan dalam jumlah terbatas.

Sebut saja  All-New BMW 320i Touring M Sport, yang dijual sebanyak 25 unit di Tanah Air, dan kini statusnya telah laku terjual. Ada pula Kecil John Cooper Works GP dengan hanya dibuat 3 ribu bagian di dunia, 12 unit diantaranya akan ada di garasi para-para ‘Sultan Otomotif’ lokal.

Head of Mini Asia, Kidd Yam mengatakan, meski baru kaum hari diluncurkan, mobil Mini terbuas itu sudah berhasil memincut hati penggemarnya. Sebab, lebih dari 50 unit Mini JCW GP sudah memiliki nama pemesan, sebelum muncul di Indonesia.

“Alokasi unit untuk pada Indonesia untuk Mini JCW  GP lebih banyak, dibandingkan negara Asean lainnya. Di Singapura saja bertambah sedikit, cuma 8 unit, ” ujarnya dalam konfrensi pers kurang waktu lalu.

Mengucapkan juga: Perlu Tahu, Ini Bahayanya Berhubungan badan di Dalam Mobil

Menariknya, tak semua kendaraan-kendaraan mewah dibeli secara tunai sebab para penggemarnya. Hal ini bagaikan diungkapkan oleh,   Director of Communications BMW Indonesia, Jodie O’tania. Dia mengatakan, 50 persen konsumen mobil BMW dan Mini memastikan pembayaran mengangsur, sisanya tunai.

Untuk mengakomodasi kebutuhan pembiayaan konsumennya, kata Jodie, tersedia BMW Financial Service. Dengan demikian,   melecehkan pelanggan karena bisa disesuakan dengan profesinya, skema pembayaran, serta jumlah uang muka ( Down Payment /DP) dari pelanggannnya.

“Secara general memang rata, pembeli yang memilih cara tunai maupun kredit. Tetapi untuk Model limited edition , dari jumlahnya pembelinya benar lebih yang secara langsung bayar tunai, karena mereka mau mobil spesial. Tapi, kalau butuh pembiayaan pun bisa kami fasilitasi, ” paparnya.