VIVA   –  Semenjak 2017, Xpander melengkapi pilihan produk di segmen mobil keluarga, tepatnya low multi purpose vehicle nama lain low MPV. Meski demikian, dalam 2019 lalu ada sebuah pikiran liar datang dari pembalap nasional, Rifat Sungkar untuk menjadikannya mobil reli.

Ya, Xpander Rally Team (XRT) yang didirikan oleh Rifat Sungkar resmi tampil di pameran otomotif Gaikindo Nusantara International Auto Show (GIIAS) 2019. Sesuai namaya, tim ini mengindahkan Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan buat melahap lintasan non-aspal.

Mobil yang dipakai oleh tim reli ini diberi nama Xpander AP4. Meski bentuk bodinya masih kental sebagai low MPV, namun spesifikasi teknisnya sudah mengikuti regulasi yang berlaku di kelas reli AP4.

Guna membuktikan performanya, Xpander AP4 sempat diboyong ke Selandia Terakhir tahun lalu, tepatnya untuk menjajal ajang NZRC Goldrush Rally of Coromandel di Moewai Park, Selandia Baru.

Baca selalu:   Mobil Perang Pindad Boleh Dibeli Masyarakat Umum, Ada Tapinya

Kini, produk lansiran pabrikan otomotif berlogo ‘Tiga Berlian’ itu kembali menjajal lintasan negeri. Xpander Ap4 diuji coba sebab tim XRT, dengan Rifat Sungkar sebegai pengemudi dan M. Redwan di jok kiri. Lokasi pengujian di sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten.

Mobil digeber untuk melakukan finalisasi setting, & handling kendaraan di lintasan desa atau gravel. Xpander versi reli itu digeber selama lima tanda, dengan total 25 putaran pada sirkuit tersebut.

“Sebetulnya saya sudah optimis dengan XPANDER AP4 ini saat melakukan ulangan di Selandia Baru. Namun dalam uji coba hari ini, saya lebih yakin lagi dengan performanya, melebihi harapan kami sebelumnya, ” ucap Rifat Sungkar, yang juga menjadi pengemudi mobil tersebut, di keterangannya, Senin 14 Juli 2020.

Diketahui,   dalaman penggerak Xpander AP4 menggunakan mesin berkode 4B11 milik Outlander atau Lancer Evo, yang tentunya memiliki beberapa penyesuaian setingan. Sementara eksteriornya terlihat memakai kombinasi merah, suci, silver, serta hitam. Terdapat karya Xpander #ayogasterus di sisi kiri dan kanan bodinya.