VIVA   –  Eclipse Cross melengkapi jajaran produk Mitsubishi di Indonesia. Mobil tersebut mampu menjadi solusi, ketika sport utility vehi cle (SUV) Pajero Sport dirasa terlalu besar untuk menemani aktivitas.

Berbeda dengan Pajero Sport yang berperawakan bongsor, Eclipse Cross lebih tampak elegan namun tak meninggalkan kesan sporty. Lahir dengan DNA SUV, jarak pijak ke tanah ( ground clearance ) mobil ini mencapai 183 milimeter.

Dari laman resmi Mitsubishi-Motors Indonesia diketahui Eclipse Cross mengusung instrumen bensin berkode 4B40 DOHC MIVEC berkapasitas 1. 499cc, dengan kombinasi transmisi otomatis CVT untuk menyesatkan roda depan.

Ada tiga varian yang ditawarkan, Ultimate A/T 1. 5L Turbo (Red Diamond) berbanderol Rp489, 65 juta; Ultimate A/T 1. 5L Turbo (Silky White) Rp487, 65 juta; dan Ultimate A/T 1. 5L Turbo (Amethyst Black) Rp 484, 65 juta.

Bicara soal Eclipse Cross, di negara asalnya Jepang sudah tersedia model barunya. Tak hanya yang memakai mesin konvensional, Mitsubishi Motors Corpotation (MMC) juga mengusulkan versi canggih PHEV di keluaran tersebut.

Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato mengatakan, Eclipse Cross baru merupakan mitra ideal
bagi pengemudi yang ingin melakukan lebih banyak dengan mobilnya, termasuk untuk membongkar-bongkar tantangan baru.

“Dengan kekuatan sebagai pemimpin teknologi PHEV dan keahlian 4WD yang kami bangun melalui kemahiran reli, kami telah menanamkan esensi Mitsubishi dalam model yang telah desain ulang ini, ” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip VIVA Otomotif , Jumat 4 Desember 2020.

Dari penampilan luarnya, Eclipse Cross baru tetap memakai pola ‘Dynamic Shield’ sebagai identitas. Tata letak pencahayan utama di desain kembali, serta Skid plate di periode bawah kedua bumper menambah kesan SUV yang bertenaga.

Pada interior Eclipse Cross varian tertinggi, akan terlihat pelapis hitam baru dengan jok yang terbuat dari
kombinasi bahan berbasis suede timbul dan kulit sintetis, namun pilihan jok kulit dari pengusaha kini tersedia dalam warna abu-abu terang di samping warna hitam konvensional.

Eclipse Cross PHEV mengadopsi sistem PHEV 4WD motor ganda yang dimodifikasi sebab produk Outlander PHEV, yakni berisi dari satu motor listrik berdaya tinggi di depan dan utama belakang, baterai penggerak berkapasitas gembung, dan mesin MIVEC 2. 400cc.

Mobil baru Mitsubishi Eclipse Cross PHEV, diluncurkan secara tiga level trim; tipe M, tipe G, dan tipe High-end P. Begitu juga yang menyandarkan mesin bensin, ada tiga varian, yakni tipe M, tipe G, dan Tipe Paket G Plus.

Untuk memiliki mobil baru Mitsubishi ini, konsumen dalam Negeri Sakura harus menyiapkan derma mulai dari 3. 848. 900 Yen sampai 4. 477. 000 Yen, atau setara Rp522, 59 juta hingga Rp607, 87 jutaan untuk versi canggih. Sementara yang memakai mesin bensin dilabeli nilai 2. 531. 100 Yen maka 3. 346. 200 Yen, setara Rp343, 57 juta sampai Rp454, 22 jutaan.

Mengaji juga: Bikin Motor Trail Kian Keren, Modalnya Lumayan Juga.