VIVA   – Sepeda motor listrik karya tim dari  Universitas Budi Luhur, yakni Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01 berhasil melakukan test ride  sejauh ribuan kilometer dari Jakarta ke Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Perjalanan itu diklaim menjadi yang pertama dilakukan oleh kuda tukul bertenaga setrum buatan budak bangsa, di mana motor dikendarai melewati berbagai zona jalan menempuh jarak satu. 340 kilometer.

Kepala Pusat Studi Instrumen Motor Listrik Universitas Tabiat Luhur, Sujono  mengatakan kalau touring  Jakarta – Mandalika merupakan bagian dari pemeriksaan jarak jauh yang sangat dibutuhkan  untuk melihat ketahanan baterai dan performa.

“Selama perjalanan, tim Universitas Budi Luhur mengambil data teknis dari BL-SEV01 terhadap bentuk jalan di Indonesia dengan beragam mulai dari jalanan rata, jalan rusak, datang jalur pegunungan, ” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip  VIVA Otomotif   Sabtu 2 Oktober 2021.

Mesin yang mengusung desain  sport  tersebut dibekali dinamo listrik brushless  DC 96 Volt  berkekuatan 21 daya kuda, serta baterai 48 Ampere  hours dan controller 96 Volt 200 Ampere. Catatan resmi mereka membuktikan, jarak tempuhnya  mencapai 140 kilometer untuk satu aki dengan waktu pengisian empat  jam.

“Tim membawa tiga  set aki, yang masing–masing mampu menempuh 100–140 km sekali kunjungan. Agar mempermudah perjalanan dan menghemat waktu, maka menerapkan sistem mengganti baterai secara sistem swab , ” tuturnya.

Motor listrik BL-SEV01 karya Universitas Budi Luhur.

Motor listrik BL-SEV01 karya Universitas Budi Luhur.

Perjalanan menuju Lombok dipilih, karena mereka hendak menunjukkan dukungan kepada Sirkuit Mandalika yang nantinya akan bisa digunakan jadi lintasan resmi balap MotoGP maupun World Super Bike atau WSBK.