VIVA   –  Di tengah kondisi pandemi yang masih belum mereda, ternyata ada beberapa hal unik dan bermanfaat yang bisa kita terapkan untuk mencegah penularan virus Corona.

Lihat saja mobil keluarga Innova. Mobil yang notabenenya adalah mobil keluarga ini ternyata bisa “disulap” menjadi mobil serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyebaran virus Corona di sedang masyarakat.  

Bukan tanpa alasan mobil keluarga kesayangan ini “disulap” menjadi kendaraan serbaguna di tengah pandemi. Fungsionalitas sebab mobil jenis MPV, seperti kamar yang lega membuat mobil ini bisa dipakai untuk mengangkut penumpang sekaligus barang saat melakukan penjelajahan.  

Toyota Indonesia menjelaskan bahwa mutasi Kijang Innova menjadi ambulans ini merupakan program CSR perusahaan buat turut serta dalam membantu penanganan Covid-19 di Tanah Air.  

“Salah satu sumbangan atau CSR Toyota Indonesia ke PMI itu, ada juga perut unit Innova (ambulans) yang saya sumbangkan. Itu bagian dari kesiapan untuk memenuhi kebutuhan dari Sendi Sakit, ” kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy melalui konferensi pers virtual, belum lama ini.

Anton menjelaskan bahwa mobil keluarga yang disulap menjadi ambulans ini telah disesuaikan dengan keinginan konsumen. Di dalamnya telah dilengkapi dengan tempat tidur pasien yang bisa dibawa keluar, tabung oksigen, tempat infus, kursi untuk paramedis, serta wastafel untuk mencuci tangan di kabinnya.  

Kabin Kijang Innova versi Ambulans Kabin Kijang Innova versi ambulans.

Saat ini Toyota Indonesia telah menyerahkan unit Kijang Innova Ambulance kepada Palang Abang Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Nusantara, Pemda DKI Jakarta, dan Pemkab Karawang.

Selain Kijang Innova, Toyota Indonesia bersama secara PT Serasi Autoraya (SERA) yang merupakan satu diantara anak perusahaan PT Astra International Tbk juga telah menyiagakan 48 kendaraan Avanza dengan telah disiapkan sedemikian rupa elok secara sistem dan SDM dengan profesional dengan mengutamakan protokol keselamatan dan kesehatan yang ketat.

“Sebagai bentuk semangat #ToyotaAdaUntukAnda, kami ingin dapat berperan aktif untuk memberikan dukungan, salah satunya melalui keahlian kami dalam menunjang kelancaran mobilitas untuk penanggulangan COVID-19 ini. Kami harapkan bantuan pergeseran dan juga Ambulance ini dapat turut berperan serta dalam meminimalisir pengembangan wabah ini, ” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Mesin, Henry Tanoto dalam hasil rilis yang diterima tim Viva.