VIVA   –Selain kehormatan dan desainnya, saat membeli mobil baru biasanya konsumen Tanah Air mempertimbangkan kapasitas angkutnya. Pembeli sering mencari kendaraan yang memiliki daya angkut tujuh orang penumpang, mengikuti ada tambahan ruang untuk menaruh barang bawaan.

Keinginan tersebut, diakomadasi oleh pabrikan otomotif melalui produk multi purpose vehicle (MPV), atau ada pula yang menyebutnya sebagai mobil keluarga. Menariknya, jenis kendaraan ini ditawarkan untuk pembeli dari segmen bawah, menengah, sampai yang membutuhkan kendaraan mewah.

Jika menelisik data penjualan mobil keluarga kelas menengah ataupun medium MPV dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), oleh karena itu bisa terlihat jelas produk-produk legendaris bersaing dengan para pendatang terakhir.

Pada segmen ini, jika berdasarkan bahan penjualan mobil baru dari kilang ke diler-diler resmi ( wholesales ), maka posisi Kijang Innova belum tergoyahkan. Semasa periode Januari sampai Juni (semester I)2020, mobil lansiran Toyota itu laku 13. 867 unit.

Baca juga: Mercedes-Benz Tanpa Atap Dilelang, Harganya Bisa Sampai Rp36 Miliar

Sementara di peringkat dua, ditempati oleh produk medium MPV yang mengindahkan pintu geser, Toyota Voxy. Kendaraan dengan desain kotak tersebut, mencatat penjualan sebanyak 1. 129 unit sepanjang semester pertama tahun tersebut.

Merek pendatang baru asal Tiongkok, Wuling diketahui juga menjajal peruntungan di segmen mobil keluarga kelas menengah. Produknya yang bernama Cortez, jadi menorehkan penjualan wholesales sebanyak 374 unit selama enam bulan perdana tahun 2020.

Jangan lupa, Isuzu masih menjual mobil diesel legendaris Panther untuk penggemar medium MPV. Meski minim pembaruan, dari awal sampai pertengahan tarikh ini Isuzu Panther masih dicari konsumen. Angka penjualan wholesales -nya diketahui 251 unit.

Sementara posisi paling bawah ditempati oleh Nissan Serena. Mobil keluarga kelas menengah yang mengusung desain kotak & pintu  geser itu, mencatat penjualan  wholesales sebanyak 161 unit di periode semester pertama 2020.