VIVA   – Ketika melihat kesialan, baik di foto maupun secara langsung, salah satu hal  dengan diperhatikan pengguna jalan lain ialah kondisi mobil tersebut.

Jika bagian depan atau belakangnya rusak parah, ada sebagian yang menganggap bahwa kualitas kendaraan itu tidak bagus.

Real, justru kendaraan tersebut dibuat secara perhitungan yang matang. Kerusakan itu memang sengaja diciptakan untuk menyembunyikan penumpang yang ada di pada mobil.

Dilansir  VIVA Otomotif   dari laman  Seva. id , Minggu 8 November 2020,   saat ini mobil dirancang memiliki crumple zone , yakni zona ataupun wilayah pada kendaraan yang dirancang untuk menyerap energi kinetik, kala mengalami kecelakaan.

Tidak hanya diterapkan pada bagian pendahuluan, crumple zone juga terdapat pada periode belakang mobil untuk mengantisipasi kecelakaan dari belakang.

Zaman merancang mobil, teknik ini dipakai  pabrikan mobil di dunia untuk mengurangi kerusakan di kabin. Itu yang menyebabkan tabrakan  sedikit selalu langsung terlihat kerusakannya.

Tak hanya bagian bodi yang dirancang untuk bisa melindungi penumpang, mesin juga dibuat untuk membantu mengurangi cedera pelik saat mengalami kecelakaan.

Dudukan mesin dibuat lebih ringkih,   sehingga saat mobil menikmati benturan, mesin akan jatuh ke bawah dan bukan terdorong ke arah kabin.

Kika mobil menabrak pejalan kaki, crumple zone akan mencegah  korban cedera pelik. Kap mesin akan terangkat sedemikian rupa, menahan  kepala pejalan bermalas-malasan menghantam  kaca depan.

Baca juga:   Jalan Mudah dan Murah Amankan Mesin dari Maling