VIVA   –  Novel Baswedan yang heboh diberhentikan dari KPK, sebab tidak lulus dalam ulangan wawasan kebangsaan (TWK) buat alih status menjadi ASN, sepertinya tidak begitu kerap dunia otomotif, hal itu terlihat dari koleksi mobil yang terdapat pada LHKPN.

Karena tak lulus tes TWK, belakangan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan mau mengangkat 56 pegawai KPK dengan tidak lolos TWK menjelma anak buahnya, termasuk seorang Novel Baswedan.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa, pihaknya telah mengirim kepada Pak presiden, untuk memohon untuk merekrut 56 orang tersebut menjadi ASN Polri.

Mantan Kabareskrim Polri ini menjelaskan bahwa Presiden Jokowi sudah menganjurkan jawaban atas surat penarikan pegawai KPK yang tak lolos TWK ke tubuh Polri. Listyo sebut Jokowi setuju dengan usulnya.

“Kita melihat terpaut dengan rekam jejak dan tentunya pengalaman tipikor tentunya itu sangat bermanfaat untuk memperkuat jajaran organisasi yang saat ini kita kembangkan untuk memperkuat organisasi polri, ” ungkap Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Nah, kembali lagi dalam koleksi mobil yang dimiliki oleh Novel Baswedan. Bersandarkan Laporan Harta Kekayaan Pemangku Negara (LHKPN) yang  dikutip VIVA Otomotif  dari data KPK, Rabu 29 September 2021, pada 2018 Novel Baswedan tercatat mengantongi kekayaan sebesar Rp4, 652 miliar.

Sebab total harta kekayaannya tersebut, ternyata Novel Baswedan cuma memiliki satu unit mobil yakni Toyota Kijang Innova lansiran 2016. Mobil berrjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) itu seharga Rp235 juta, namun tidak dijelaskan detil tipenya.