VIVA   –  Pengendara ojek online menjadi salah satu yang terkena dampak cukup besar, akibat adanya pembatasan sosial berskala besar dengan dilakukan untuk memutus rantai penyaluran virus COVID-19.

Untuk membantu meringankan mitra mereka, Grab Indonesia sebagai salah satu penyedia layanan ojol bekerja sama dengan PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI). Mereka meluncurkan program, yang asi untuk semua pengemudi TPI & tanpa verifi.

Baca juga:   Peristiwa Bentrokan Ini Justru Bikin Netizen Ngakak

Sebelumnya, Grab telah berhasil menjembatani   proses restrukturisasi kredit untuk mitra pengemudi dengan perusahaan pembiayaan dari grup OTO dan BCA Finance. Dengan TPI, mereka mewujudkan program dalam dua klasifikasi, yaitu Gold dan Flexi+, serta Sahabat Rental.

Paket relaksasi ini dijalankan dalam beberapa fase waktu, yakni April-Mei dan Juni dan setelahnya. Pada fase perdana,   pengemudi Gold dan Flexi+ diberi penundaan pembayaran biaya penyewaan selama dua  bulan. Sementara untuk pengemudi Sahabat Rental, dibebaskan dari biaya rental periode April-Mei 2020, serta mendapat asuransi kesehatan & jiwa senilai Rp10 juta.  

“Kami mencari penyelesaian yang merupakan titik temu dibanding semua pihak, pengemudi tentu perlu dibantu dan TPI juga melindungi kelangsungan bisnisnya. Prinsip dari agenda relaksasi ini adalah win-win & transparansi, ” ujar  Managing Director Grab Indonesia,   Neneng Goenadi melalui keterangan resmi, Kamis 28 Mei 2020.

Memasuki fase kedua  dengan akan berjalan pada bulan Juni, pengemudi Gold dan Flexi+ hanya akan membayar 25 persen  sejak kewajiban setiap bulan. Sementara, bagian Sahabat Rental untuk TPI wilayah Jakarta hanya membayar biaya kontrak Rp50 ribu per hari.

“Dalam kondisi seperti ini, kami memprioritaskan yang paling sempurna, yaitu mitra tetap dapat jalan dengan memaksimalkan peluang yang ada, ” tuturnya.

Selama pandemi COVID-19, Grab telah mewujudkan sejumlah program untuk membantu mempertahankan pendapatan mitra-mitranya, baik mitra pilot GrabCar dan GrabBike, serta pacar merchant GrabFood dan Grab Kios.  

Bulan aliran, mereka akan mengadakan  Grab Protect, yakni mobil dengan penyekat antara pengemudi dan penumpang, penggunaan kedok dan hand sanitizer, serta penumpu perawatan kebersihan dan kesehatan yang sesuai dengan protokol penanganan COVID-19.

“GrabProtect merupakan wujud nyata dari GrabForGood, dalam menganjurkan dampak positif   dari pada setiap inovasi teknologi yang kami hadirkan. Kami berharap ini dapat melindungi masyarakat yang masih harus mengabulkan aktivitas di luar rumah selama PSBB, ” jelasnya.