VIVA   – Honda Tiger 2000 menjadi salah satu sepeda motor legendaris di Indonesia. Kerap dimodifikasi agar terlihat layaknya motor besar, kendaraan ini mengusung mesin mulia silinder berkapasitas 200cc. Mesin memiliki kompresi 9, 0: 1 dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 16 daya kuda.

Datang pertama kali pada 1993, Honda Tiger 2000 mendapat sambutan yang meriah. Selama 1993 hingga 2002, model pertamanya tidak berubah, cuma ada penyegaran warna. Muncul pula edisi terbatas warna kuning, dengan dirilis pada 1996.

Lalu pada 2002, PT Astra Honda Motor sebagai produsen mendagangkan model barunya yang diberi nama New Super Cruiser. Dua tarikh kemudian, muncul Tiger Revolution Cruiser. Model ini akhirnya dihentikan produksinya pada 2012.

Honda tampaknya ingin balik membangkitkan motor legendaris itu. Tetapi, sayangnya hal itu akan dilakukan tidak di Indonesia, melainkan India, di mana pasar motor  sport   masih cukup besar. Saat ini, pangsa pasar model tersebut di Tanah Minuman hanya sekitar 5-6 persen selalu.

Dilansir  VIVA Otomotif  dari  Gaadiwaadi , Senin 10 Agustus 2020, kuda tukul anyar itu juga mengusung pesawat satu silinder dengan kapasitas 200cc. Tujuannya adalah memberikan pilihan, bagi konsumen yang ingin naik posisi dari motor 150cc.

Meski kapasitasnya sama dengan Tiger 2000, namun perangkat teknologi yang dipasang jauh lebih canggih. Tiba dari sistem pengabutan injeksi, hingga sistem pengereman cakram pada ke-2 roda, lengkap dengan  anti-lock braking system   atau ABS.

Motor ini sebenarnya sudah dihadirkan pada 2014, namun kala itu masih dalam bentuk konsep. Desainnya lebih modern dari Tiger 2000, namun kesan kekar dan tangguh tetap ditonjolkan.

Awalnya, peluncuran akan dilakukan pada tahun depan. Namun menurut fakta terbaru, pembukaan selubung bakal dilaksanakan dalam waktu dekat. Sayangnya, belum ada keterangan soal harga jual.

Baca serupa:   Dua Mobil Baru Itu Calon Penantang Fortuner dan Corolla Cross