VIVA   – Sepeda motor matik saat ini paling laris di Indonesia, pangsa pasarnya pada tahun tersebut sepanjang Januari hingga Desember  menyentuh 88 persen. Sementara, model lainnya kurang dari 10 persen.

Selain mudah dikendarai, jenis motor ini juga memiliki bentuk yang modern, sehingga sang pemilik merasa bangga saat melintas dalam jalan raya.

Saking gampangnya dioperasikan, bahkan skuter matik jadi idola kaum wanita. Makin, posisi duduk mereka bisa tentu nyaman berkat desain bodi yang menutupi bagian depan.

Spesifikasi skuter matik dalam hal mesin tidak berbeda dengan motor jenis lainnya, yaitu umumnya menggunakan satu silinder serta sistem pengabutan injeksi untuk ragam terbaru. Perbedaan hanya ada pada desain serta sistem transmisi.

Cukup putar tuas gas, maka roda belakang akan tepat berputar. Tidak perlu memasukkan gigi atau menarik tuas kopling, karena tenaga disalurkan secara otomatis ke roda belakang.

Namun, kemudahan itu ibarat pisau bermata dua, ada sisi buruk dengan bisa terjadi jika tidak tersedia langkah antisipasi. Yakni, motor bisa melaju tanpa kendali ketika sedangkan diparkir menggunakan standar samping.

Untuk mencegah itu terjadi, para pabrikan  mencantumkan pengaman berupa saklar pada besi standar samping. Ketika standar rajin, maka arus listrik yang mengalir ke pengapian akan diputus.

Ternyata, fitur ini masih belum diketahui oleh semua para pengguna motor matik. Dilansir  VIVA Otomotif   sebab laman Instagram  @ngakak_99, Kamis 24 Desember 2020, seorang pria dibuat pusing sebab mesin motornya tidak mau tumbuh.

Dalam video rekaman, tampak pria tersebut berusaha menghidupkan mesin dengan starter engkol, tetapi gagal. Ia tidak sadar, penumpil samping masih terpasang.

Setelah diberi tahu oleh perekam video, baru mesin motor itu bisa hidup.

“Gw asli pernah ngalamin.. waktu baru kali matic klwr menggunakan fitur itu.. mklm motor minjem, ” kata warganet.

“Yaampun pernah begini jaman SMA: ‘) biasa bawa gigi, disuruh bawa matic, nyalainnya gak mampu, ” tulis warganet lainnya.