VIVA   – Nama Hyundai sempat berkibar dalam dunia otomotif Indonesia pada era sebelum reformasi. Produk asal Korea Selatan itu pernah hadir pada versi lokal, yakni Bimantara Nenggala dan Bimantara Cakra.

Meski masih tetap eksis di Tanah Air, namun setelah tersebut kiprah Hyundai  tertutup oleh gencarnya pemasaran produk Jepang, terutama secara kehadiran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Pada 2011, sedan Hyundai Sonata dipesan oleh Polri, untuk digunakan sebagai mobil dinas jajaran perwira. Warna dengan digunakan adalah abu-abu, dan jumlah yang digunakan mencapai 100-an bagian.

Kini, dilansir  VIVA Otomotif  dari  Paultan , Senin 5 Oktober 2020, Hyundai Sonata versi gres resmi diperkenalkan di Malaysia. Generasi ke-8 ini akan bersaing secara Honda Accord dan Toyota Camry.

Baca pula: Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung 5 Oktober 2020

Berbeda sebab generasi sebelumnya, Hyundai Sonata gres mengusung desain  sport coupe   di bagian pungkur. Hal ini terlihat dari wujud kaca belakang dan bagasinya.

Bagian depan juga dirancang biar menampilkan kesan agresif, terutama dalam bagian  grille   dan bumper. Lingkar rodanya memakai ukuran 18 inci, dan bagian bumper belakang dibuat rendah maka menutupi knalpot.

Kalau Sonata versi Polri menggunakan mesin 2. 000cc, maka versi baru ini memakai jantung pacu 2. 500cc yang dapat menghasilkan gaya 175 daya kuda dan torsi 232 Newton meter.

Bagian dalamnya terlihat mewah. Dasbor dirancang tipis sehingga layar per tampak menonjol. Sistem transmisi otomatisnya memakai model tombol, dan jok depan bisa diatur secara elektrik. Sayang, belum diketahui berapa banderol mobil ini serta apakah mau dipakai lagi oleh Polri ataupun tidak.