VIVA   –  Banyak ritual yang dilakukan sebelum seseorang memakai sepeda motor segar. Dari diler resmi misalnya, sebelum kendaraan baru dikirimkan kepemiliknya, hendak dilakukan pengecekan atau Pre Delivery Inspection, untuk memastikan semua fungsi berjalan normal.

Setelah kendaraan bermotor roda dua itu tiba di rumah, masih ada masyarakat yang melakukan ritual penyambutan. Satu diantara contohnya, seperti video dengan beredar di media sosial Instagram, dan diunggah oleh akun @agoez_bandz4.

Gambar yang diunggah memperlihatkan seorang perempuan melakukan Udik-udikan. “Ritual beli motor baru, ” demikian keterangan gambar yang tertulis di akun tersebut, dikutip VIVA Otomotif, Kamis 13 Agustus 2020.

Kegiatan Udik-udikan, merupakan tradisi untuk menyuarakan rasa syukur kepada Tuhan Dengan Maha Esa, karena telah diberikan rejeki untuk bisa memiliki sesuatu, termasuk sepeda motor. Tradisi itu dilakukan saat sepeda motor Vespa LX berbodi kuning tiba pada area tempat tinggalnya.

Baca juga:   Mobil Pejabat dan Kaum Kaya RI Tersebut, Bakal Ada Versi Spesialnya

Kedatangan skuter matik merek Italia yang disambut dengan program Udik-udikan itu, tentu saja langsung mengundang perhatian warga di sekitarnya. Apalagi, dalam tradisi tersebut, pemilik akan menebar beras dan uang koin logam agar bisa diperebutkan oleh warga yang datang.

Aksi pada video tersebut, jelas mengundang kreativitas warganet. Banyak yang berkomentar kalau tradisi ini masih banyak dikerjakan di wilayahnya, namun ada pula yang merasa kegiatan tradisi menebar uang itu tak perlu dilakukan agar pemilik motor tidak didatangi debt collector nantinya.

Dikampungku masih ada motornnya ngelidas telor ayam dulu baru sawer…. , ” tulis @tantokulon di kolom komentar. ” Pantesan dulu yang memiliki mtor satu, yang seneng sekampung , ” komentar @saaafik diunggahan video itu. ” 3bln lgi ada yg pke jket item sama kaos abu2 dateng , ” komentar @rifai_kusmar96 menggembirakan postingan itu.