VIVA   –  Sejak beberapa tarikh terakhir, industri otomotif nasional mulai mengalami pertumbuhan. Karuan saja, belakangan mulai banyak kendaraan buatan anak kaum yang diklaim memiliki nilai sebaik produk global. Lantas, satu yang menjadi pertanyaan, mengapa motor dan mobil nasional tampilannya mirip instrumen China?

Diketahui, saat PT Solo Manufaktur Kreasi mengenalkan Esemka Bima sebagai produk anak warga, muncul pro dan anti di tengah publik. Pokok, secara tampilan, kendaraan yang dibanggakan Presiden Jokowi tersebut hampir menyerupai Changan Star Truck.

Tidak hanya dimensi dan strip desain, keduanya juga terbilang mirip dalam urusan warna, yakni single tone berkelir putih. Meski demikian, pihak perusahaan memastikan, Esemka Bima dan Changan Star Truck merupakan dua produk berbeda.

Bukan hanya roda empat, kendaraan roda perut yang berstatus sebagai ‘produk anak bangsa’ juga memiliki tampilan yang terbilang mirip-mirip dengan produk buatan China. Biasanya, kendaraan tersebut bermula dari segmen skuter elektrik.