VIVA   –  Beberapa pengguna ustaz yang melintas di MT Haryono, Jakarta Selatan pada Senin cepat lalu mengalami musibah. Ban organ mereka kempis, akibat terkena ranjau paku yang disebar di provinsi tersebut.

Dinas Relasi yang mendapat laporan dari awak kemudian langsung menerjunkan tim buat menyapu bersih jalanan dari besi tajam berukuran kecil itu. Patuh mereka, kegiatan ini nantinya bakal dilakukan secara rutin demi memberi rasa aman pada masyarakat.

“Anggota Sudin Perhubungan Jakarta Selatan melakukan pencarian ranjau paku, sebagai respons cepat dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat, yang resah akan adanya ranjau paku di kira-kira jalan tersebut, ” ujar Kasudin Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Daksina, Budi Setiawan.

Sementara itu, Pendiri Komunitas Sapu Bersih Ranjau Paku, Siswanto menjelaskan bahwa bulan ini timnya sedang giat melaksanakan pembersihan jalanan dari benda berbahaya tersebut.

Baca Juga: Pose Ayu Ting-ting dalam Vespa  Saat Sunmori

Siswanto mengungkapkan, ada satu fenomena di Ibu Kota yang semasa ini membuat dirinya dan awak heran. Yakni, selalu ada penyedia jasa tambal ban tidak jauh dari lokasi penyebaran ranjau paku.

“Radius 1 kilometer dari lokasi tentu ada tukang tambal ban. Makin di kawasan Senayan, ada 4 tambal ban yang jaraknya saja 10-15 meter. Ini enggak umum, ” tuturnya kepada VIVA Otomotif , dikutip Rabu 12 Agustus 2020.

Siswanto mengaku, saat ini masih ada beberapa wilayah yang belum aman dari ranjau paku. Ia bersama tim secara rutin membersihkan jalan pada malam hari, akan tetapi tak berapa lama kemudian paku-paku itu kembali disebar oleh si oknum.

“Saat ini yang masih marak sebar ranjau paku itu di Jalan Letjen Suprapto, Gunung Sahari, Kyai Bertapa, Pancoran, dan Slipi di sekitar depan Gedung DPR/MPR, ” ungkapnya.