VIVA   – Meski model perdana terus bermunculan, namun ada kurang sepeda motor yang sudah tidak lagi diproduksi, namun tetap digunakan sehari-hari oleh masyarakat. Alasan sentimentil kerap dilontarkan, oleh sang pemilik.

Contohnya, motor Yamaha Nouvo. Kendaraan bermotor ini, menjadi salah satu skuter matik pertama yang hadir di Indonesia. Meski tidak ada lagi versi barunya, tetapi peminat motor ini masih cukup banyak.

Mengucapkan juga:   Mobil Baru Suzuki Bikin Ratusan Orang Gak Sabar Upgrade

Jika melihat di lapak kendaraan bekas online, Nouvo cetakan awal yang biasa disebut dengan istilah Lele, ditawarkan dengan banderol sekitar Rp6 juta. Model tersebut dipasarkan sekitar 2002 hingga 2003.

Pemilik Ashoeta Car Boutique, Ari Soeta  beruntung bisa mendapatkan satu unit Nouvo Lele. Namun, kondisinya tidak begitu bagus. Ia menuturkan, banyak komponen yang harus diganti agar tampilannya kembali mulus seperti baru keluar daripada pabrik.

Yamaha Nouvo

Lihat Juga

“Nouvo full restorasi, substitusi part baru original. Tapi, harga komponennya ngeri juga. Bodi doang bisa sampe Rp5 juta, untuk yang warna hijau dan kuning emas. Tersebut di luar komponen lainnya, ” ujarnya kepada  VIVA , Minggu 10 Mei 2020.

Ari menjelaskan, ia mengganti banyak komponen pada motor itu. Mulai dari bodi, lengan ayun belakang, panel instrumen, kaca spion, knalpot, hingga lampu. Bahkan, ia juga memesan stiker  khusus yang biasa menempel pada bodi mesin baru Yamaha.

“Mesinnya susah langsam, jadi perlu diservis. Lampu depan tadinya warna putih, diganti jadi halogen seperti bawaannya. Ban juga dikembalikan ke patokan asli, merek Dunlop, ” tuturnya.

Meski tidak menuturkan berapa biaya yang ia keluarkan untuk membeli dan memperbaiki mesin tersebut, namun Ari mengatakan bahwa jika ada yang berminat dia akan menjualnya. Soal harga, ada di angka Rp19 juta.