VIVA   –  Berbeda dengan mobil penumpang, saat membeli truk biasanya konsumen di Indonesia cuma memiliki pilihan warna yang terpatok. Laburan cat pada eksterior tersebut, sekaligus menjadi identitas merek otomotifnya.

Warna kuning misalnya, identik dengan produk kendaraan niaga yang ditawarkan oleh Mitsubishi Fuso, dengan nama Colt Diesel. Tengah pembeli truk Isuzu biasanya telah mengetahui informasi, bahwa warna standarnya adalah putih untuk bagian besar maupun bak.

Public Relation & CSR Department PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Suci Sitoresmi mengatakan, warna Kuning sebagai identitas merek tersebut penting, karena inilah yang menjadi faktor pembeda dari merek lainnya. Sehingga, truk Mitsubishi lebih mudah dikenali ketika di jalan.

Pemkaian warna tersebut bahkan sudah dilakukan sejak Colt Diesel FE Series pertama yang diluncurkan tahun 1979. Kini, kata Suci, produk Colt Diesel (segmen LDT)tetap kuning, lalu FUSO Maru-P dan Fighter (segmen MDT) itu oranye, & Tractor Head (segmen HDT) Suci.

“Selain warna pada atas tidak ada, namun tersedia konsumen yang mewarnai ulang buat menyesuaikan dengan armada perusahaan mereka, ” ujarnya kepada VIVA Otomotif , Rabu 9 Desember 2020.

Senada dengan Suci, Marketing Communucation Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Annisa Moeloek mengatakan, pemakaian warna putih buat jajaran produk truk Isuzu sudah lama dilakukan, yakni sejak menyelundup pertama Indonesia pada 1995.

“Kalau Isuzu memang sebab Jepang, produk kami semua warnanya putih, jadi kami di Nusantara ikut, ” paparnya.

Lantas, bisakah konsumen truk membeli kendaraan niaga tersebut dengan warna yang tak ada di catatan? Annisa mengatakan, permintaan spesial untuk warna yang berbeda memang bisa saja dipenuhi oleh pabrikan, biar demikian disesuaikan dengan jumlah pembelian yang dilakukan.

“Warna lain bisa request , biasanya untuk customer fleet   dengan jumah pemesanan unitnya cukup banyak. Sementara pembeli retail biasanya mengganti warna melalui perusahaan karoseri, ” tuturnya.

Baca juga: Jalan Sederhana Menghindari Terjadi Kebakaran Zaman Isi BBM mobil.